Road Show AFI 2016 Di Malang

1
7

Apresiasi Film Indonesia 2016
Nonbar Film di Universitas Muhammadiyah Malang

Malang, 30 September 2016 – Roadshow Apresiasi Film Indonesia (AFI) untuk pertama kalinya menghampiri kota Malang setelah sebelumnya mengunjungki kota Banjarmasin dan Makassar. Bersamaan dengan roadshow di kota Padang, hari pertama rangkaian diisi dengan pemutaran film berjudul Sepatu Dahlan. Adapun film pembuka PLAY ON yang merupakan film produksi bersama ke-11 Kine Klub UMM. Euforia penonton begitu terasa di Basemen Dome UMM ketika film mulai diputar.

Film yang terinspirasi dari novel Sepatu Dahlan arahan sutradara Benni Setiawan ini mengisahkan tentang sosok Dahlan Iskan pada masa kecil. Film ini menuai antusias para penonton yang rata-rata merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dan tersirat dari tepuk tangan yang meriah di akhir acara.

Acara yang dimulai dari pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan diskusi bersama Donny Damara, yang merupakan salah satu pemeran utama film Sepatu Dahlan sekaligus Ketua Panitia AFI 2016 . Diskusi terkait perkembangan perfilman tanah air ini diisi pula dengan sesi tanya jawab.

………………………………………..
Donny Damara yang sekaligus juga bertindak sebagai Ketua Panitia AFI 2016, sangat mengapresiasi gelaran acara-acara nonbar seperti hari ini. Menurutnya, sebuah film yang baik adalah film yang tidak memiliki jarak dengan para penontonnya. Dan kegiatan nonbar adalah salah satu cara yang efektif untuk meniadakan jarak tersebut.

“Kegiatan pemutaran film seperti nonbar kali ini merupakan salah satu kesempatan yang langka untuk lebih mendekatkan jarak antara para sineas tanah air kepada para penikmat film. Dan seharusnya kegiatan-kegiatan semacam ini harus lebih sering diadakan, sebagai wadah edukasi terhadap perfilman tanah air.” Ucap Donny saat ditemui di sela-sela pemutaran film.

Gelaran roadshow di kota Malang masih akan berlanjut pada keesokan hari, Sabtu [01 Oktober 2016] dengan acara nonbar film sepatu dahlan yang akan di putar mulai pukul 19.00 wib di alun-alun kota Malang.

Roadshow yang secara bersamaan diadakan di kota Padang ini sekaligus juga menutup rangkaian kegiatan menjelang Malam Anugerah AFI 2016 yang akan diadakan pada 08 Oktober 2016 di kota Manado, Sulawesi Utara.

Roadshow AFI yang diadakan pada hari kedua (01/10) di Alun-Alun Kota Malang tetap mengundang euforia yang sama meriahnya seperti pada hari pertama yang berlokasi di Basemen Dome UMM gate B. Meskipun hujan turun di Indonesia yang mengangkat empat cerita tentang pertemanan, kekeluargaan, dan keberanian, tidak menghalau masyarakat umum untuk datang dan turut nonton bersama (nonbar).

………………………………………

Donny Damara juga turut hadir dalam pagelaran Road Show AFI 2016 di Alun-alun Kota Malang, Selain itu terdapat juga perwakilan dari Pusat Pengembangan Film [Pusbang Film] Kemdikbud RI, serta teman-teman dari komunitas Kine Klub UMM menambah meriah suasana sejuk dan asri alun-alun kota Malang.

Nonbar yang merupakan bagian dari rangkaian roadshow AFI 2016 di kota Malang ini adalah gelaran roadshow terakhir sebelum menuju Malam Anugerah AFI 2016 yang akan diadakan di Grand Kawanua Convention Center, Manado, Sulawesi Utara, pada hari Sabtu, 08 Oktober 2016 yang akan datang.

Apresiasi Film Indonesia [AFI] merupakan satu-satunya festival film di Indonesia yang menitikberatkan nilai-nilai budaya, kearifan lokal, serta pembangunan karakter bangsa. Secara singkat, AFI lebih mengedepankan film-film yang inspiratif, edukatif, serta informatif.

1 KOMENTAR

  1. Dari kiri, pemeran utama film Sepatu Dahlan sekaligus ketua AFI 2016 Donny Damara, Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud RI Maman Wijaya, Dosen Ilmu Komunikasi UMM Novin Raya Wibowo dan Direktur Malang Film Festival 2017 Fania Yuning.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here