Bentuk Sineas Muda melalui Diklat Dasar #18

0
74

Setiap tahunnya Kine Klub Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuka pendaftaran untuk mahasiswa UMM yang ingin menjadi anggota baru. Saat Pesmaba UMM pada bulan September 2017 lalu, Kine Klub UMM telah membuka pendaftaran. Sebanyak  374 mahasiswa yang mendaftar berasal dari berbagai fakultas maupun jurusan. Para pendaftar pun akhirnya mengikuti rangkaian Diklat Dasar #18 yang diawali dengan kegiatan screening.

Screening dilaksanakan pada tanggal 15-18 September 2017. Pada kegiatan ini, para peserta Diklat diputarkan beberapa film yang memiliki latar belakang perjuangan, sesuai dengan tema Diklat saat itu. Film-film ini dimaksudkan agar peserta dapat belajar bagaimana membaca dan menganalisa film. Mereka juga diharapkan bisa memahami hal-hal terkait perbedaan-perbedaan film panjang dan film pendek.

Sebelum mereka dikenalkan dengan teknis-teknis produksi film pendek, peserta Diklat juga diperkenalkan dengan anggota kepengurusan Kine Klub UMM periode 2017/2018 pada saat Technical Meeting (TM). Pada kegiatan yang dilaksanakan pada 25 September 2017 di Aula BAU UMM ini, perwakilan divisi menyampaikan tentang program kerja masing-masing divisi yang ada di dalam Kine Klub UMM. Di akhir acara, para peserta Diklat dibagi menjadi delapan kelompok untuk selanjutnya melakukan produksi film dengan bimbingan dua orang pendamping yang telah ditetapkan oleh divisi Diklat pada masing-masing kelompok.

Diklat Ruang adalah rangkain selanjutnya dari Diklat Dasar  #18 yang dilaksanakan pada dilaksanakan tanggal 28-30 September 2017. Di sini, peserta Diklat diberikan edukasi secara teori mengenai produksi film pendek. Pelaksanaan yang berlangsung selama dua hari dengan pembagian kelas per departemen yang ada dalam sebuah produksi film pendek. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah peserta dalam penerimaan materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan pada Diklat Ruang antara lain penulisan skenario, managerial, penyutradaraan, sinematografi, DOP, sound, editing dan artistik. Pemateri-pemateri pun berasal dari anggota Kine Klub UMM sendiri yang telah dipilih oleh Divisi Diklat sebelumnya.

Selain itu, ada pula Diklat Lapang yang dimaksudkan untuk memberi pemahaman pada peserta mengenai hal-hal teknis dalam produksi. Pada tanggal 4 Oktober 2017 tepatnya kegiatan ini dilaksanakan. Pengenalan alat-alat produksi juga secara langsung dilakukan oleh para pemateri. Selebihnya, pemateri juga berbagi pengalaman bagaimana dan apa saja yang biasanya terjadi di lapangan saat hari H produksi serta bagaimana solusi yang seharusnya dilakukan.

Setelah melalui Diklat Ruang dan Diklat Lapang, mereka pun menjalani tahap pra-produksi untuk mengkonsepkan film yang akan mereka produksi secara matang. Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk melakukan rehearsal ketika mendekati hari produksi yakni pada 4-5 November 2017. Rehearsal dilaksanakan selama dua hari dengan pembagian empat kelompok per harinya.

Bentuk Sineas Muda melalui Diklat Dasar #18 292725 300x169

Setelah tahap pra-produksi,  tahapan selanjutnya ialah produksi. Pelaksanaan produksi ini dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama yaitu kelompok 1,3,5 dan 6 pada tanggal 8-10 November 2017. Sedangkan gelombang kedua yaitu kelompok 2,4,7 dan 8 pada tanggal 11-13 November 2017. Tidak hanya pada Diklat Ruang maupun Diklat Lapang, pemateri juga tetap memantau masing-masing kelompok yang sedang melakukan produksi. Seusai produksi, masing-masing kelompok menjalankan tahap terakhir yaitu pasca produksi yang dilaksanakan pada12-14 November 2017 untuk gelombang satu dan 15-17 November 2017 untuk gelombang dua bertempat di Sekretariatan Kine klub UMM.

Bentuk Sineas Muda melalui Diklat Dasar #18 292727 300x225

 

Melalui serangkaian Diklat Dasar yang telah terlaksana, diharapkan para anggota #18 bisa menjadi lebih baik kedepannya seperti yang banyak dilontarkan oleh para pendamping, pemateri maupun anggota Kine Klub UMM lainnya. “Semoga ilmu yang diberikan melalui Diklat Dasar ini dapat diterima para peserta diklat dengan baik dan bermanfaat untuk kedepannya” ucap Ade Fitria, selaku penanggung jawab Diklat Dasar #18. (ain)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here