Mitos di Jawa

0
162

Mitos di Jawa

Selesainya WTF pertama yang bertemakan milenial  dan kedua tentang perempuan  kini WTF ketiga hadir dengan bertemakan mitos jawa . Film yang diangkat di WTF ketigan ini yaitu  Mbobot, Rumah Tusuk Sate, dan Tuwaga.  Dari ketiga film ini, terdapat mitos yang hampir dipercayai orang jawa.

Mbobot : Film ini menceritakan bahwa sang istri sedang hamil, Betapa bahagia nya seorang keluarga mempunyai terunan , tetapi  sang istri sangat percaya bahwa jika seorang istri hamil seorang suami atau istri di larang membunuh atau menyiksa hewan jika terjadi maka anak dalam kandungan tersebut akan jadi hewan seperti yang di siksa . Namun sang suami tidak percaya bahwa mitos itu adalah palsu dan melalukan pekerjaannya sebagai tukang jagal sapi .

Rumah Tusuk Sate: Film menceritakan bahwa  rumah yang berada pada jalur “T” atau jalan pertigaan . Ada seorang keluarga hidup dalam rumah yang berada di jalur “T” dalam kehidupan nya selalu di teror hantu dan satu persatu orang mengalami sial .

Tuwaga: di film tersebut menceritakan beberapa anak yang bermain singitan pada waktu sore menjelang malam . Banyak mitos jawa yang beredar jikalau seorang anak bermain pada waktu sore menjelang malam maka akan diculik wewe gombel. Ternyata mitos ini tidak hanya tersebar di jawa di luar jawa tersebut juga ada

Pada sesi diskusi tentang 3 film di atas menuai hasil yang pro dan kontra . Ketidakpercayaan masyarakan luar jawa akan mitos-mitos menyebabkan kotra dan menganggap bahwa hal tersebut hanya hoax. “Tetangga saya rumahnya berada di tusuk sate tetapi tetangga saya kok malah beruntung dan nggak seperti yang berada di film” Ungkap salah satu peserta yang berasal dari orang luar jawa. Ada juga orang  yang pro dengan mitos-mitos jawa ini .”Benar, desa itu dulu masih kental dengan mitos-mitos tersebut meskipun hanya beberapa terjadi tetapi saya pernah melihatnya contoh tuwaga pernah melakukan tapi tidak hilang di culik melain kan di penampaki hantu gombel wewe yang sangat besar dekat pohon pisang“.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here